بسم الله الرحمن الرحيم

Sampaikanlah dari ku walaupun hanya satu ayat.”

(HR. Ahmad, Bukhari, Tarmidzi.)

Sabtu, 21 Mei 2011

7 alam yang dilalui manusia

ringkasan 7 alam yg dilalui manusia :
1. alam ruh. Manusia masih berupa roh. belum berbentuk. atau sering disebut alam awang2.

2. alam rahim, sebelum ditiupkan ruh kedalamnya, ruh mengadakan perjanjian dahulu dengan Allah. "ALASTU BIRABBIKUM?" "BALA, SYAHIDNA" (al a'raaf)  jadi kalau-kalau ruh itu membangkang kelak setelah berada didunia, maka di alam akhirat akan dimintai pertanggungjawabannya. Dan Allah tidak lalai terhadap hamba2Nya.

3. alam dunia. pada hakikatnya, manusia diciptakan hanya untuk menyembahNya. tetapi berkat ijin Allah, setan bebas menggoda anak2 Adam untuk menguji keimanan dan ketakwaannya masing2. maka diciptakan neraka dan surga, karena Allah tidak akan menciptakan sesuatu itu sia2, pasti ada gunanya. yaaa sekarang tergantung kita, mau ambil pilihan yang mana. kan hidup itu pilihan? karena firman Allah : "maka peringatkanlah, sesungguhnya engkau adalah pemberi ingat, engkau bukan orang yg berkuasa untuk memaksa mereka, (keimanannya), bagi yang berpaling dan membangkang, maka Allah-lah yg akan menyiksa mereka dengan siksa yang dahsyat. sesungguhnya kepada Kami lah mereka kembali, kemudian Kamilah yang akan mengadakan perhitungan atas mereka." (Al Ghasyiyah : 21-26)

4. alam akhirat :
a. kubur/barzakh
merupakan alam sekat pemisah antara kehidupan dunia dan akhirat. menunggu kiamat tiba. di alam ini siksaan/ni'mat terus didapat, begitu juga pemandangan masa depan di akhirat kelak terus diperlihatkan siang dan malam, tergantung amal yg diperbuat selama masih hidup.

sampai sangkakala pertama diperdengarkan, dan kiamat pun berlangsung.  
"..fa idzaa jaaaa atish-shoooookhoh, yauma yafirrul mar 'umin akhih, wa umiihi wa abiih, wa shohibatihi wa banih, likullim ri'im minhum yauma idziin sya'nuy yughnih.." " maka apabila tiba masanya suara dahsyat menggelegar, di saat setiap manusia lari meninggalkan sanak keluarganya, dan ibu dan bapaknya, juga istri dan anak2nya, bagi setiap orang pada hari itu disibukkan oleh kepentingannya sendiri" (80 : 33-37)
untuk proses kejadian kiamat, gambarannya dapat dibayangkan lewat surat Al Insyiqaq, Al Infitar, At Takwir. (semuanya ada di juz 30, sok atuh disimak dan direnungi.)


tiupan sangkakala pertama dan kedua tidak lama berselang
"pada hari ketika tiupan pertama menggoncangkan alam dengan sehebat-hebatnya, yang diikuti dengan tiupan kedua. hati manusia pada saat itu sangat takut" (79:6-8)

ada sebuah hadist Rasulullah yang diriwayatkan oleh Ibnu Jurair dan Abu Hurairah, yang berbunyi :
"ditanyakan :"apakah sangkakala itu Yaa Rasulullah?"
"Tanduk" jawab Beliau,
"tanduk apakah itu?" tanyanya lagi
"besar, yang lehernya langit dan bumi, maka ditiupnya tiga kali, yang pertama adalah tiupan yang menakutkan, kedua tiupan kematian, ketiga tiupan kebangkitan kembali. Maka Allah  memerintahkan Israfil dengan tiupan pertama. Berfirman Allah: " Tiuplah tiupan yang pertama!" Maka terkejutlah seluruh penghuni langit dan bumi, kecuali siapa yang dikehendakiNya" jawab Beliau
ditanya lagi "siapa yang dikehendakiNya itu?"
Beliau menjawab : "Al Hayyul Qoyyum, yang tidak mati binasa (55:26-27) Kemudian ditetapkan Malaikat pembawa 'Arsy (69:17), Jibril, Mikail, Israfil dan Izrail. Lantas Allah berfirman : "Matilah kamu berdua!", maka Jibril dan Mikail juga mati. Malaikat maut kemudian datang, melaporkan tentang kematian Jibril dan Mikail. Lalu Allah berfirman : "Matilah kalian!", maka Malaikat pembawa 'Arsy itupun mati semua. Lalu dia memerintahkan 'Arsy untuk memegang terompet Israfil, maka Israfil juga mati. Datanglah Malaikat Maut melaporkan kematian Malaikat pembawa 'Arsy dan Israfil, lalu Ia bertanya : " Siapakah yang masih tinggal?" Malaikat Maut menjawab : " Allah Al Hayyu Al Qoyyum, yang tidak mati dan tidak binasa, dan hambaMu yang lemah inilah", maka Allah berfirman : "Engkau makhlukKu juga, maka cabutlah nyawamu", maka Malaikat Maut pun mati. Sesuai dengan firman Allah "setiap yang berjiwa itu pasti merasakan mati" Sehingga hanya tinggal Allah Yang Maha Kekal. Kemudian langit dan bumi digulung seperti menggulung kertas (Al Anbiya : 104 dan Az Aumar : 67) dan Allah berfirman : "Hai dunia yang hina dina, dimanakah sang raja yang dahulu pernah hidup dipermukaanmu dulu? dimanakan anak2 raja dan anak2 pejabat tinggi yang congkak? dimanakah orang2 yang telah memakan rezekiKu tetapi tidak menyembahKu? Tunjukkanlah kekuasaan dan kekuatan mereka sebagaimana dahulu mereka hidup! LIMANIL MULKUL YAUMA? (MAKA MILIK SIAPAKAH KERAJAAN DAN KEKUASAAN PADA HARI INI?) yang mana petanyaan ini diulang sampai 3x (sebagai penegasan) tetapi tidak ada yang menjawab, karena semuanya seudah hancur tergeletak, maka pertanyaan itu dijawab sendiri oleh Allah : LILLAHIL WAAHIDIL QOHHAAR - KEPUNYAAN ALLAH YANG MAHA PERKASA (Al Mu'min : 16)
Kemudian Allah Ta'ala mengirim angin fakim dan menurunkan hujan, yang airnya seperti air mani laki2 selama 40 hari, sehingga airnya menggenangi bumi setinggi 12 hasta (1hasta = panjang antara jari tengah dan siku), maka muncullah pohon2 seperti semula. kemudian Dia menghidupkan Malaikat pembawa 'Arsy, Malaikat Israfil, Mikail, Izrail, dan Jibril - hidup dengan ijin Allah. Selanjutnya ada suara yang datangnya dari Allah kepada Malaikat Israfil untuk meniup sangkakala yang ketiga kalinya."

b. kebangkitan
pada teriakan sangkakala ketiga, semua berkumpul di tempat dimana dinamakan alam masyar/padang masyar. (Az Zumar : 68) matahari hanya sejengkal di atas kepala, walau begitu bagi yg beramal baik selama didunia tetap merasakan kesejukan. makhluk Allah itu tidak sedikit, dan masing2 menunggu giliran. selama menunggu antrian panjang, manusia berdesak2an maju perlahan2 sampai terduduk di kursi panas pengadilan Allah (selama kurang lebih 25.000 tahun mengantri -waktu akhirat- dan satu hari di akhirat setara dengan seribu tahun di dunia)

pada antrian itu terdapat 3 kelompok, yang pertama, kelompok yang berjalan kaki (orang2 beriman yg berdosa dan belum sempat bertobat), kedua yang berkendaraan (orang2 yang bertaqwa kepada Allah, yang senantiasa menaati perintahNya dan menjauhi laranganNya. ikhlas dalam menjalankannya), yang ketiga... yang berjalan dengan wajah (orang2 kafir. yg ingkar kepda Tuhannya, tidak percaya ayat2 Allah, membangkang, membantah, mendustakan, sombong dan takabur).

Sabda Rasulullah : umatku kelak akan dibagi manjadi 12 barisan :
1. tidak bertangan dan tidak berkaki
2. berupa babi hutan
3. perutnya sebesar gunung, penuh dengan ular
4. berjalan dengan mulut
5. berupa angin yg bertiup
6. dalam keadaan tenggorokan dan tengkuknya terputus
7. tidak punya lidah
8. badan terbalik
9. berwajah hitam dipenuhi api
10. berpenyakit lepra, kusta, aksim, gatal2 (penyakit kulit yang -maaf- menjijikkan)
11. buta matanya, buta hatinya, dan giginya seperti tanduk lembu jantan, bibir melebar sampai ke dada, lidah terjulur keluar memanjang sampai perut bahkan paha, dan dari perut keluar kotoran
(NA'UDZUBILLAH TSUMMA NA'UDZUBILLAH)
12. dengan wajah bercahaya, berseri2 bagai cahaya bulan purnama

c. berhisab/miizaan
sesampainya di kursi panas pengadilan Allah, catatan amal lembar perlembar dibukakan dihadapannya. seluruh anggota badan bicara kecuali mulut-dengan izin Allah. seluruh amalan didunia diadili. tidak terkecuali niat. itupun ditimbang dan diadili. "..pada hari dimana Jibril(ruh) dan Malaikat2 baris bershaf-shaf, tidak ada yang berbicara kecuali siapa yang diizinkan oleh Yang Maha Pemurah, dan ia berkata benar"  (78:38)

d. pembalasan
setelah diadili dengan mendetil, vonis dijatuhkan, apakah surga ataukah neraka. masing2 kekal didalamnya.

"Sesungguhnya Kami memperingatkan kalian akan siksa (akhirat) yg telah dekat, pada hari itu manusia akan melihat segala yg telah dikerjakan terlebih dahulu, dan akan berkata orang kafir : Ah, alangkah baiknya sekiranya aku jadi tanah saja" (80:40)
sebagai renungan, kafir disini adalam memiliki artian luas. kafir berasal dari kata kufr, yang berarti tidak bersyukur, membangkang, tidak mau patuh, ingkar. jadi setiap yang tidak patuh itu bisa disebut kufr. meninggalkan solat = kufr, dapat rejeki tp tidak bersyukur = kufr, tidak berjilbab = kufr. yang berhubungan dengan perintah dan larangan Allah, apabila dilanggar, ia termasuk kufr. level yang lebih dahsyat : MENDUAKAN ALLAH. menyembah kuburan/berhala = kafir, percaya peramal/dukun/orang pintar = kafir, baca ramalan bintang, lalu percaya = kafir. tidak solat, tidak membaca Al Qur'an, dan terus bermaksiat terhadap Allah = KAFIR KAFIR KAFIR!!!! (kecuali yang bertobat.. tp tolonglah jangan sampai menduakan Allah, karena itu masuk ke dalam dosa BESAR urutan pertama, dan mungkin tidak dimaafkan.. tp jika Allah berkehendak lain, itu lain cerita) tahukah kamu, mencintai manusia lain melebihi Allah dan RasulNya, itu masuk ke dalam perbuatan menduakanNya... T____________________T
(tolong dikoreksi bila saya salah)

ayo yuk mulai sekarang kita mulai dewasa, yang dewasa itu yang banyak berpikir untuk masa depan, dan masa depan itu tidak terbatas cuma saat didunia, tapi juga untuk kehidupan akhirat, karena dunia cuma terminal yg dihampiri ga sampe sehari dalam satuan waktu di akhirah, dan jasad ini cuma pinjaman Allah, yang suatu saat diambil. dan ruh yang diciptakan inilah yang menanggung resikonya, yg dimintai pertanggungjawabannya. ayo kita benahi iman kita. ayo kita kaji Al Qur'an dengan hati yang bersih, menyingkap rahasia di balik rahasia yang Allah surat dan siratkan dalam pesan2nya yg telah terkumpul didalam kitab suci Al Qur'an. belum terlambat kok, kan hayat masih dikandung badan, sebelum nyawa berada dikerongkongan, undangan Allah masih berlaku, undangan yang kita lewatkan dengan entengnya, padahal undangan Allah masih menang jauh dengan undangan perkawinan yang mana kita buru2 pilih2 baju, berdandan abis, berpenampilan terbaik. undangan Allah itu, tidak terbatas. dan juga, kekal.

Sabda Rasulullah : "Allah SWT berfirman : apabila seorang hambaKu mengingat Aku didalam dirinya, maka Aku akan mengingatnya didalam diriKu. apabila ia mengingatKu dalam angan2nya, maka Aku akan mengingatnya didalam angan2Ku yang lebih baik dari angan2nya. dan apabila ia mendekat kepadaKu sekalian saja, maka Aku akan mendekat pdnya satu hasta. dan apabila ia mendekatiKu dengan berjalan, maka Aku akan mendekatinya dengan berlari"  SUBHANALLAH.. TSUMMA SUBHANALLAHIL 'AZHIM. Ya Allah, Ya Rabb.. keridho-anMu atasku.. itulah yang paling hamba inginkan.. Semoga Engkau meridho-i kami para hambaMu yang hina ini, dengan ridho yang sebesar2nya.. aamiin Allahumma aamiin..

semoga bermanfaat :):):):):):)
sumber : ustad Maftuh Ahnan - kosepsi hidup sesudah MATI

2 komentar:

  1. Terima kasih banyak atas sharing ilmunya smoga jadi amal yg berantai sampai di Yaumul Qiamat kita jadi di selamatkan oleh ALLAH SWT Amin..

    BalasHapus
  2. Terima kasih,,, saya dapat pelajaran dan kembali ingat,,, mudaha2an saya tetap bisa ingat,, insya Allah.

    BalasHapus