بسم الله الرحمن الرحيم

Sampaikanlah dari ku walaupun hanya satu ayat.”

(HR. Ahmad, Bukhari, Tarmidzi.)

Senin, 23 Mei 2011

Tingkatan Menjadi Orang yang Bertaqwa

Firman Allah :
Hai orang-orang yang beriman diwajibkan bagi kamu berpuasa, sebagaimana telah diwajibkan kepada orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa. Surah Al Baqoroh ayat 183.

Kalau kita renungkan firman Allah di atas; dimana untuk mencapai tingkat Taqwa itu tidak mudah, sering diucapkan khotib di mimbar sholat jum'at mari kita tingkatkan ketaqwaan kita dengan mengerjakan perintah dan meninggalkan larangan Allah.

PROSES MENUJU TAQWA :

1. Muslim/Muslimin (jamak)
Muslim adalah orang yang beragama Islam. Artinya orang yang berpasrah/berserah diri. Pasrah disini tidak boleh diartikan sebagai orang yang hanya bisa menerima, tanpa berusaha. Pasrah disini berarti bahwa apabila kita menginginkan sesuatu (ingin semua masalah terselesaikan), maka kita wajib berikhtiar dahulu (berusaha dahulu), kemudian memasrahkan kepada Allah swt.

2. Mukmin/Mukminin (jamak)
Mukmin adalah orang yang beriman. Iman berarti percaya. Percaya akan adanya Tuhan, Malaikat, Nabi, Rosul, Kitab-kitab Allah, Hari akhir dan percaya akan ketentuan-ketentuan Allah.

3. Muhsin/Muhsinin (jamak)
Muhsin adalah orang yang selalu berbuat kebaikan. Apalagi di bulan Ramadhan, kita harus berlomba-lomba menuju kebaikan. Shalat 5 waktu harus ditegakkan, shalat sunnah diharapkan untuk wajib kita lakukan, mengaji, banyak berdzikir. Yang jelas, jangan sampai satu detikpun hilang tanpa berbuat baik.

4. Mukhlis/Mukhlisin (jamak)
Mukhlis adalah orang yang berbuat ikhlas. Ikhlas adalah kata yang sangat gampang untuk diucapkan, tetapi sangat sulit untuk dijalani. Kami contohkan arti ikhlas yang mudah, yaitu ketika (maaf) kita buang air kecil atau buang air besar. Setelah selesai, kita pasti akan melupakannya dan bahkan merasa lega. Nah, itulah sedikit contoh keikhlasan. Kita akan melupakannya dan kita akan merasa lega ketika ikhlas melakukan sesuatu.

5. Muttaqin
Muttaqin adalah orang yang bertaqwa. Ciri-ciri oang yang bertaqwa (sesuai dengan Q.S. Ali imran : 134-136) adalah orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, baik diwaktu lapang maupun sempit, orang-orang yang menahan amarahnya, memaafkan kesalahan orang lain, mereka yang selalu ingat akan Allah, dan mereka yang memohon ampun atas dosa-dosanya. Maka bagi mereka adalah ampunan dari Allah dan Syurga-Nya.

Untuk menuju tingkat Muttaqin ini, ada tingkat Muhsin dan tingkat Mukhlisin yang hanya dapat di peroleh dari berpuasa (puasa bulan ramadhan).  


Inilah yang dimaksud dari firman Allah di atas " agar kamu bertaqwa "

sumber : http://khotbahdandakwah.blogspot.com/2011/04/tingkatan-menjadi-orang-yang-bertaqwa.html ; http://hermansyahnawawi.blogspot.com/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar